Kenapa harus dengan bismillah?

bismillah3
By siasat.com

Saat itu aku sedang terduduk diantara para jama’ah di suatu masjid yang biasa aku datangi. Terlihat penceramah pada malam itu mulai mengutarakan pesan-pesannya. Kudengarkan baik-baik apa yang beliau sampaikan, kemudian aku resapi apa yang beliau sampaikan. Aku pun tertegun, tersadar bahwa perkara yang terkecilpun hampir tidak pernah kulakukan.

~~~

Dalam setiap detik waktu tentu akan kita isi dengan banyak sekali aktivitas. Tidak mungkin juga jika dalam sehari tersebut kita hanya terdiam layaknya patung. Entah itu di rumah, di jalan, di sekolah, atau di manapun kita berada akan selalu ada aktivitas yang dilakukan.

Sebagai umat yang beragama seharusnya kita sadar bahwa apapun aktivitas yang kita lakukan tentu diharapkan dapat menghasilkan keberkahan bagi diri kita sendiri dan kalau bisa juga untuk orang di sekitar kita. Tentu kita tidak ingin apapun aktivitas yang kita perbuat justru menimbulkan ketidaknyamanan bagi diri kita dan orang lain yang berujung pada hal-hal yang merugikan.

step-163948_640
By de-yuan.com

Basmalah, ya bacaan basmalah adalah kunci dari doa dari segala aktivitas tersebut. Sejenak, saat kudengar penceramah pada malam itu banyak bercerita bagaimana indahnya lantunan bismillahirrahmanirrahim di setiap awal langkah kita. Mulai saat itulah aku tergerak untuk mengamalkan di setiap akan melakukan aktivitas agar apapun yang kulakukan bisa menjadi berkah dan bermanfaat.

Seringkali dari kita tidak sadar untuk memulai segala aktivitas dengan kalimat basmalah, padahal kita hidup dan melakukan aktivitas dikarenakan adanya kehendak Yang Maha Kuasa. Karena kuasa-Nya lah, kita diberi kekuatan, tenaga, kesehatan, dan sarana penunjang lainnya. Apakah kita ingin amalan yang kita lakukan tidak diterima hanya karena tidak diawali dengan bacaan basmalah? tentu saja tidak. Pastinya kita ingin dalam setiap kegiatan yang kita lakukan akan menghasilkan pahala, bukan melakukan pekerjaan yang sia-sia.

Memang benar jika kita amati secara sekilas, memulai dengan basmalah terlihat sesuatu yang sepele. Padahal Rasulullah telah mengisyaratkan kepada kita semua untuk melakukannya dimanapun dan kapanpun tanpa terkecuali. Dengan membaca basmalah, secara tidak langsung hati kita telah meyakini adanya kuasa Allah di setiap aktivitas kita karena atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita semua masih diberi kesempatan untuk mencari berkah dan pahala.

Setiap-Langkah-Adalah-Anugerah
By racikankata.com

Sesungguhnya, dengan bacaan basmalah lah setiap kegiatan kita akan bernilai ibadah, yang tentunya berpahala. Saat kita pergi ke sekolah menuntun ilmu, menggunakan kendaraan, membaca buku, mengerjakan tugas, menyapu rumah, memasak makanan, memulai makan, saat akan mandi, bertemu dengan orang lain, dan bahkan mungkin saat tulisan ini dibuat pun akan bernilai ibadah jika dimulai dengan bismillahirrahmanirrahim. Wallahu’alam.

Jika kita pernah merasakan ketakutan, cemas, maupun khawatir saat melakukan suatu pekerjaan, mungkin itu karena kita tidak diberkahi oleh Allah. Namun, jika sebaliknya justru kita merasa nyaman, lancar, tanpa hambatan, dan tidak membebani berarti pekerjaan kita tersebut telah disisipi keberkahan oleh Allah. Maka dari itu, mulai saat ini ayo kita biasakan untuk mengucapkan bismillah di setiap langkah kita dan saling mengingatkan kepada sesama untuk tetap istiqamah melakukannya.

~End

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s