Alam Songa

Dikarenakan kesibukan pekerjaan semenjak lulus kuliah tahun 2018 lalu, penulis sempat vakum cukup lama untuk menulis. Terhitung sudah ada 2 tahun lebih dari terakhir kali menulis, tepatnya pada bulan Februari 2018 lalu. Pada kesempatan ini, mumpung masih santai akibat covid-19, penulis mau berbagi suatu daerah yang menjadi destinasi penulis saat melakukan pekerjaan. Wilayah tersebut adalah Desa Songa di Pulau Bacan.

Desa Songa merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Bacan Timur Tengah, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Untuk menuju ke sana, dari Kota Ternate dapat ditempuh menggunakan pesawat Wings Air selama satu jam perjalanan dan turun di Bandara Oesman Sadik yang terletak di Kota Labuha, Kecamatan Bacan. Selain itu, dapat ditempuh juga menggunakan kapal fery selama 7 – 8 jam yang kemudian berlabuh di Pelabuhan Babang, Kecamatan Bacan Timur. Kemudian untuk menuju Desa Songa dari Babang maupun Labuha dapat ditempuh dengan perjalanan darat sekitar satu jam.

Desa Songa terletak di Pulau Bacan, terpisah jauh dari Kota Ternate.

Desa Songa saat ini menjadi salah satu daerah yang menjadi wilayah kerja untuk prospek pembangkit listrik tenaga panas bumi atau geotermal (PLTP). Wilayah ini menjadi daerah konsesi proyek yang dijalankan oleh salah satu perusahaan listrik milik pemerintah. Saat ini proyek yang dijalankan berada pada fase preliminary study atau studi pendahuluan meliputi survei geologi dan survei geofisika awal.

Salah satu manifestasi panas bumi di sekitar Desa Songa berupa kolam air mendidih.

Kali ini penulis tidak akan membahas detail mengenai studi tersebut melainkan akan menulis mengenai kondisi alam di sana. Desa Songa berbatasan dengan Desa Tawa di barat, Desa Wayaua di selatan, Desa Bibinoi di sebelah timur, dan Teluk Lapan di sebelah utara. Secara umum, wilayah sekitar Desa Songa berupa daerah vulkanik gunung api dengan manifestasi panas bumi yang masih aktif. Gunung api yang dapat ditemukan antara lain Gunung Pele, Gunung Lansa, dan Gunung Bibinoi.

Pantai berair hangat dengan pemandangan Pulau Gamjaha yang kerucut.

Di sekitar Teluk Lapan terdapat sebuah pulau vulkanik kecil yang bernama Pulau Gamjaha, pulau ini tidak berpenghuni, biasa dipakai untuk singgah saat mencari ikan oleh nelayan setempat. Sayangnya, di Desa Songa ini cukup sulit untuk memperoleh jaringan komunikasi, sehingga masyarakat setempat biasa mengandalkan sinyal WiFi yang terdapat di SD sekitar desa tersebut. Salah satu tempat yang menjadi ikon di sana adalah adanya pantai yang airnya cukup hangat, beberapa titik bahkan sangat panas hampir mencapai titik didih air. Tempat ini sangat cocok bagi siapapun untuk berelaksasi menikmati hangatnya air terutama saat pagi dan sore hari.

Pemandangan Teluk Lapan dari lereng Gunung Pele.
Pemandangan Gunung Pele dari tengah laut setelah mengunjungi Pulau Gamjaha.
Telaga Songa yang berbatasan dengan Desa Bibinoi dan terletak di kaki Gunung Bibinoi.
Penampakan fumarol yang terdapat di lereng Gunung Pele, dibutuhkan effort yang besar untuk mencapai lokasi tersebut.
Sublimasi sulfur yang dapat ditemukan di sekitar tanah beruap panas (steaming ground).

Beberapa satwa yang ditemukan di sekitar Desa Songa antara lain berupa kelomang, kaki seribu, ikan laut dan masih banyak lagi.

Kelomang dapat ditemukan di sekitar pantai.
Kaki seribu yang cukup besar, banyak yang sebesar jari manusia.

Akhir kata, masih banyak sekali hal-hal yang berkesan selama melakukan pekerjaan di sekitar Desa Songa. Rasanya tidak akan cukup jika hanya memaparkan semua hal hanya pada satu halaman web. Sepertinya diperlukan berpuluh-puluh lembar web untuk menulisnya. Namun, walau dengan foto-foto yang sangat sedikit itu, semoga bisa menjelaskan betapa menyenangkannya hidup di alam Songa.

~End~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s